Minggu, 28 November 2021

GURUKU TERCINTA, ALHABIB SAGGAF BIN MAHDI BIN SYEKH ABU BAKAR

Oleh : Iwan Mahmud Al-Fattah 

Salah satu guru saya saat beliau tinggal di jalan manyar Bintaro Permai Jakarta Selatan ditahun 90an awal..dari Matraman Dalam seminggu sekali saya ke masjid bintaro untuk ngaji kepada beliau. Kadang hari biasa saya rajin mendatangi beliau untuk ngaji. Berapa kali beliau mengajak saya berdakwah ke berbagai tempat. Di setiap perjalanan beliau selalu bercerita masa mudanya saat menjadi santri di Darul Hadist Malang dan saat beliau belajar di negera timur tengah dengan para ulama sufi karismatik. Saya pun bersama guru saya Ustadz Eka memperkenalkan beliau kepada masyarakat Matraman Dalam dengan mengundang ceramah di Masjid Jami Matraman dan juga di jalan kimia, talang dan sekitarnya...satu hal yang saya tunggu dari beliau adalah ketika beliau melantunkan ayat ayat suci Alquran dengan nada melengking...banyak yang takjub dengan bacaan beliau...sejak saat itu nama beliau dikenal pada masyarakat kami...
Hampir 5 tahun saya rajin bertemu beliau...sayang tahun 94 - 95 saya sudah mulai jarang bertemu beliau karena kesibukan kuliah...namun beberapa teman di Matraman masih rajin ngaji kepada beliau...saya berapa kali ditanya beliau... saya memang menganggap beliau sudah seperti ayah, karena banyak hal pribadi yang saya tanyakan dan beliau menjawabnya dengan kebapakan...Ayah saya saat bertemu di pengajian pertamina gambir bahkan meminta dan menitipkan langsung kepada beliau agar beliau mau membimbing saya tentang agama...
Mungkin saat ini keluarga beliau tidak kenal saya, tapi saya kenal beliau yaitu Umi Wahidah, seorang wanita mulia yang dulu baik kepada saya dan teman teman yang ngaji di rumahnya, seorang wanita yang luar biasa dalam mendukung dakwah guru kami. Dari Singapura (kalau tidak salah) beliau hijrah ke Jakarta. Sampai kemudian lahirlah Habib Muhammad dan beberapa anak anak lainnya...saya ingat usia mereka saat itu sekitar 2 sd 5 tahun. Selain itu saya juga pernah kenal dengan putra beliau yang dari Surabaya yang wajahnya mirip dengan anak Sayyid Muhammad bin Alwi Al Maliki. Selain itu suka bercanda dengan Halibi yang sepertinya memang kondisinya sedikit berbeda...(Halibi sepertinya ponakan beliau yang setia).
Banyak kenangan yang tidak akan pernah saya lupakan termasuk ketika beliau mengajak saya untuk nanti ikut bersama sama beliau membangun pesantren yang beliau idam idamkan....rasa optimis beliau sangat tinggi untuk mewujudkan cita citanya. Bahkan beliau bilang ke saya bahwa pesantrennya nanti harus gratis karena menuntut ilmu tidak bisa diukur dengan uang dan beliau yakin Rezeki sudah diatur Allah...
Murid beliau banyak, yang dekat juga banyak, habib habib yang dulu sering datang ke rumah beliau juga banyak termasuk mereka yang berpengaruh...saya beruntung menjadi salah satu orang yang digembleng langsung oleh beliau, dari mulai lembut, tegas sampai berani...tidak usah heran salah satu ciri saya kalau bicara di podium adalah ajaran beliau terutama kalau bicara yang benar harus lantang...namun juga saya diajarkan sisi humanis beliau, juga diajarkan bagaimana cara berdakwah pada masyarakat yang beda pemahaman...
Alfatehah untuk GURUKU TERCINTA "Al Habib Saggaf bin Mahdi bin Syekh Abu Bakar bin Salim.."
Mungkin gambar satu orang atau lebih