Senin, 20 Juni 2016

KEISTIMEWAAN KANJENG NABI MUHAMMAD SAW

Berbicara tentang Rasululah SAW tidak lengkap rasanya jika kita tidak mengenal siapa beliau sesungguhnya. Oleh karena itu di momen bulan Ramadhan ini saya mencoba untuk memberikan keterangan tentang beliau yang selama ini mungkin jarang kita ketahui. Dengan kita mengenal sosok pribadi beliau secara utuh, maka diharapkan kita semakin bisa mencintai beliau lahir dan batin. Jangan mengaku umat beliau kalau sejarah hidupnya saja kita tidak tahu....oleh karena itu dibawah ini saya telah intisarikan secara singkat siapa Rasulullah SAW yang kita cintai ini.....inilah beliau......
1. Manusia Pertama yang diciptakan Allah SWT, yaitu ketika Nabi Adam AS masih dalam keadaan roh dan jasad (hadist Tarmidzy)
2. Allah telah menetapkan bahwa semua Nabi sebelum beliau mulai dari Nabi Adam AS sampai Nabi Isa AS terikat oleh janji bahwa mereka akan mengimani dan membela kebenaran beliau (Al Imron 81)
3. Silsilah beliau mulai dari Nabi Adam AS sampai Abdullah bin Abdul Muthalib tidak ada seorangpun dari mereka yang pernah melakukan perbuatan tidak senonoh. Nasab beliau sangat terjaga dari perbuatan perbuatam buruk (riwayat Baihaqi dll)
4. Pada saat kelahirannya, ibunya melihat cahaya memancar menerangi istana megah di Syam (Riwayat Imam Ahmad bin Hanbal)
5. Pada saat beliau berjalan di terik Matahari, gumpalan gumpalan awan memayunginya (riwayat Abu Nai'm dll)
6. Pada saat beliau sedang berjalan dan hendak berteduh di bawah pohon, pohon itulah yang bergerak mendekati beliau (riwayat Baihaqi)
7. Ketika masih kecil malaikat membelah dadanya dan mensucikan hatinya (riwayat muslim)
8. Pada waktu menerima wahyu pertama di gua hira, malaikat Jibril memeluk beliau tiga kali (Bukhari Muslim)
9. Allah SWT menyebut anggota badan beliau satu demi satu dalam Al Qur'an (An Nahl ayat 11, Asy Syuara ayat 193, An Najm 3 - 4, An Najm 17, Al Baqoroh 144, Al Isra 29 dan Al Insyirah 1 - 3)
10. ALLAH SWT memberi nama kepada beliau SAW, "Muhammad" berasal dari kata "ha ma da" (puji). Yaitu akar kata kata bagi salah satu sifat Allah "Maha Terpuji" (Mahmud). Sebelum itu tidak ada orang yang bernama seperti beliau (Rwayat Muslim)
11. Beliau sering merasa lapar dimalam hari karena tidak punya makanan, namun pada keesokan harinya beliau merasa kenyang. ALLAH jualah yang dengan kekuasaannya memberi "makan minum" kepada beliau hingga beliau tidak merasa lapar dan haus (riwayat Muslim)
12. Beliau dapat melihat apa yang berada di belakang beliau seperti saat beliau melihat sesuatu di depan beliau (riwayat Muslim)
13. Di waktu malam gelap gulita beliau dapat melihat sesuatu dengan jelas seperti di waktu siang hari (riwayat Al Baihaqi)
14. Ludah beliau SAW dapat membuat air laut yang asin menjadi tawar (riwayat Abu Nai'm)
15. Suara beliau SAW dapat di dengar oleh orang yang berada di tempat yang biasanya ia tidak mendengar suara orang lain dari jarak sejauh itu (riwayat Bukhari)
16. Beliau SAW tidur hanya dengan mata, sedangkan hati beliau tidak tidur (riwayat Bukhari)
17. Beliau SAW sama sekali tidak pernah menguap (riwayat Abu Syaibah dll)
18. Selama hidup beliau SAW tidak pernah ihtilam (mimpi syahwat), sama halnya dengan para Nabi dan Rasul sebelumnya (riwayat Tabrani)
19. Keringat beliau sama sekali tidak berbau (riwayat Abu Nai'm)
20. Bila beliau berjalan di samping orang yang bertubuh tinggi, beliau tampak lebih tinggi (riwayat Al Baihaqi)
21. Allah memperjalankan beliau dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa dengan buraq setelah itu menaikan beliau ke Alam tertinggi (Sidratul Muntaha) yang tidak mungkin dapat dicapai mahluk lain dan itu dilakukan hanya sehari semalam. Beliau pada perjalanan ini telah menjadi Imam Sholat bagi para Nabi dan Rasul dan Malaikat. Beliau juga melihat Surga dan Neraka dan mendapat Kalam Ilahi berupa perintah Shalat lima waktu (Surat Al Isra dan riwayat semua Imam Ahli Hadist)
22. Allah menurunkan para Malaikat untuk berperang membantu beliau dan kaum muslimin dalam perang Badr (Al Imran 122 - 127) dan juga membantu beliau dalam perang Hunain (At Taubah 25 - 26).
23. Allah SWT memerintahkan semua orang beriman supaya bersholawat kepada beliau SAW (Al Ahdzab 56)
24. Allah Swt menurunkan wahyu demikian banyak (Al Qur'an) kepada beliau, padahal beliau seorang buta huruf dan tidak pernah belajar sama sekali (Al Araf 157)
25. Allah menjamin kemurnian dan kelestarian kitab suci yang diturunkan kepada beliau (Al Hijr 9)
26. ALLAH SWT membuat kitab suci-Nya. AL QURAN mudah dihafal (Al Qomar 17)
27. Beliau SAW diutus Allah SWT kepada segenap umat manusia bahkan kepada seluruh alam semesta (Al Ambiya 107)
28. Nabi dan Rasul terakhir, tidak ada lagi sesudah beliau (Al Ahzab 40)
29. Mendapat karunia mu'jizat terbanyak , menghapus syariat agama terdahulu, Nabi yang mempunyai pengikut lebih banyak dibanding pengikut Nabi sebelmnya.
30. Satu satunya Nabi dan Rasul yang dipanggil sesuai dengan kedudukannya, bukan dengan panggilan nama seperti Nabi dan Rasul sebelumnya .
31. Allah SWT melarang kaum muslimin memanggil beliau dengan hanya menyebut nama beliau (An Nur 63)
32. Allah SWT melarang kaum beriman mengeraskan suara dalam percakapan dengan beliau (Al Hujurat 2)
33. Allah SWT melarang kaum muslimin memanggil manggil beliau dari luar kediamannya (Al Hujurat 4)
34. Malaikat Israfil tidak pernah turun mendatangi seorang Nabi selain Muhammad Rasulullah SAW (riwayat Abdullah bin Umar)
35. Rasulullah SAW adalah pemimpin anak cucu Adam (riwayat Muslim)
36. Setiap orang yang mati, di dalam kubur ia akan ditanya tentang beliau (Riwayat Muslim)
37. Semua anak putri Rasulullah SAW dinasabkan kepada beliau. (Sehingga sampai sekarang nasab beliau tidak terputus)
38. Semua istri beliau yang ditinggal wafat tidak boleh seorangpun dinikahi karena mereka telah memperoleh kedudukan terhormat sebagai "Ummul Mukminin". NIKAH dengan mereka itu sama saja menikahi ibunya sendiri (Al Ahzab 6)
39. Putri beliau tidak boleh dimadu oleh para suaminya sebab hal itu menusuk perasaan beliau (riwayat Mussawar bin Makhramah)
40. Mimpi melihat beliau di dalam tidur sama dengan melihat beliau dalam keadaan sebenarnya, karena setan tidak dapat menyerupakan dirinya dengan beliau (riwayat muslim)
41. Jasad beliau tidak rusak di dalam kubur, sama halnya para Nabi dan Rasul selain beliau (Abu Daud dll)
42. Beliau tidak mewariskan, demikian pula para Nabi dan Rasul (riwayat Zubair dan Annas'iy)
43. Makam beliau selalu dijaga oleh Malaikat yang bertugas menyampaikan kepada beliau shalawat dan salam yang diucapkan oleh ummatnya (riwayat Ahmad bin Hambal dll)
44. Beliau adalah orang yang pertama bangkit pada hari kiamat (riwayat Muslim)
45. Semua tuduhan tuduhan yang batil kepada beliau yang menjawab adalah Allah langsung dengan firman firmannya, sedangkan Nabi Nabi yang lain menjawab tuduhan ummatnya dengan jawaban masing masing.
46. Tindakan penghancuran patung patung berhala oleh beliau sama kerasnya seperti Nabi Ibrahim AS.
47. Nabi Musa dikarunai Allah mu'jizat mengeluarkan air dari celah celah batu maka beliau mampu mengeluarkan air dari celah celah jarinya.
48. Nabi Sulaiman dikaruniai mu'jizat dapat menempuh perjalanan secepat jalannya sebulan, sedangkan Rasulullah SAW lebih dahsyat lagi yaitu dapat menempuh perjalanan Isra dan Mi'raj hanya dalam waktu kurang dari semalam.
49. Allah mengaruniai mu'jizat kepada Nabi Sulaiman dapat menguasai Jin sebagai pembantu sedangkan Rasulullah SAW bahkan diberikan mujizat lebih dahsyat dengan Allah menurunkan Malaikat untuk memenangkan beliau dalam peperangan.
50. Kepada Nabi Isa Allah SWT memberikan mu'jizat dapat mengungkapkan beberapa rahasia gaib. Kepada Rasulullah SAW, Allah SWT mengaruniakan kesanggupan mengungkap berbagai rahasia gaib dari yang kecil sampai yang besar seperti : seperti kekalahan Romawi atas Persia, bahwa bumi ini akan dipusakai oleh hamba hamba Allah yang baik dll
Sumber :
Siratul Mustofa , HMH Al Hamid Al Husaini, Jakarta, Waqfiyah Al Hamid Al Husaini Press, 1990, halaman 870 - 882
Semoga bisa mencerahkan dan kita bisa mengenal lebih dekat lagi siapa Rasulullah SAW....Dengan mengenal lebih dekat lagi kepada beliau melalui sejarahnya, maka kitapun akan lebih mudah dan terarah dalam menjalankan syariat Islam....
Wallahu A'lam bisshowwab....