Sabtu, 11 Februari 2023

ULAMA KHOS

 Di perhelatan besar memang sering ngumpet ulama² khos, dulu ditahun 90an pernah ane ketemu di sebuah acara Maulid salah seorang ulama murid Sayyid Muhammad bin Alwi Al Maliki, biasanya penampilannya gagah dengan jubah dan imamah besar, lah ini tumben pake baju biasa, sontak ane samperin dan ane sentuh badan belakang beliau sambil mau mencium tangan beliau, eh beliau bilang, "Jangan² macem deh ente," sana pergi !" Pergi ! dengan nada agak keras sambil ngibasin tangannya...orang kiri kanan heran...tapi ane hanya senyum aja...pas acara bubar, ane samperin lagi, dan akhirnya beliau kasih tangannya untuk dicium sambil geleng-geleng kepala, mungkin dalam hati beliau, "orang mau bebas nyamar kok, eh ada aja yang tahu...." tapi begitulah ulama² yang tawadhu...buat mereka gak penting ketenaran, mereka hanya ingin ngalap berkah dari sebuah acara religi..