Senin, 11 September 2023

SIKAP ORANGTUA KAMI TERHADAP ZURIAH NABI

 Di matraman tempat tinggal ane dulu ada satu keluarga yang dianggap gila, karena dari mulai ibu dan anak-anaknya perilakunya memang seperti itu...

Anak anak gadis kalau lewat gang dekat rumah mereka sering ketakutan karena diganggu oleh salah satu anak si Umi yang hobinya nongkrong dan kadang sering minum-minuman, kadang juga suka tidur di pinggir jalan. Anak umi yang lain sering ngoceh gak karuan, halusinasinya tinggi, si umi sendiri kadang sering ngoceh gak jelas, Intinya komplitlah keluarga ini jika disebut keluarga gila oleh masyarakat sekitar mereka. Intinya mereka ini sering diolok-olok.
Tapi apa kata orangtua kami, "itu keluarga Arab jangan diganggu, jangan diledek atau dihina", mereka juga manusia yang harus dihormati, bukan keinginan mereka jadi begitu, tapi Allahlah, siapa sih yang pengen mereka itu gila ?" Alhamduliilah keluarga kami gak ada yang pernah meledek mereka, cuma kakak² kami yang perempuan emang gak berani lewat gang rumah mereka
🙂
Ternyata, dibalik kata² bapak saya itu, bapak saya kalau lewat gang tersebut, suka dicegat oleh si Umi sambil dipegang tangannya, tidak sungkan² si umi suka "nodong" kepada bapak saya, bapak saya pun dengan senyum memberikan sekedarnya...ibu saya juga begitu, kalau beliau lewat suka dimintain sama si umi, tapi ibu saya santai saja, dan juga sering memberi. Ibu saya mah siapa saja kalau meminta gak bakal pernah nolak..pasti beliau kasih...
Singkat cerita, si umi kemudian wafat, dan waktu beliau wafat yang datang ternyata banyak saudaranya yang sepertinya orang-orang berada, anaknya yang satu yang sering mengganggu anak anak gadis hilang tak tentu rimbanya (ada kabar dia hilang diculik pada waktu peristiwa juli 96 pada saat penyerangan kantor PDIP di jln diponegoro). Anak umi yang suka ngoceh halu juga hilang tak jelas kemana, rumah mereka pun ambruk karena ditinggalkan dan menjadi tanah kosong tempat tongkrongan.
Hilangnya keluarga ini bersamaan dengan saya juga mendapat kabar yang disampaikan oleh sahabat kecil saya, Almarhum Arif Jahe yang mengatakan kalau keluarga itu dari Al Mahsyur....salah satunya menurut Arif jahe itu majduf, Masya Allah.....saya sampai menegaskan, yang bener lo lebe.. (panggilan akrabnya..), arif lebe bilang, tanya aje deh ke adek gue kalau lo gak percaya sama gue...sayapun bertanya kepada adeknya yang ustadz dan pernah nyantri di Hadramaut...ya bener Bang mahmud...jawabnya...
Skenario Allah kemudian berkata lain, Allah mempertemukan saya dengan salah satu anaknya umi yang telah hilang lama di terminal kampung melayu, saya tegur dia...saya bilang...masih inget ane gak ? Masih inget gak sama keluarga ane ? Dia tatap lama wajah saya....akhirnya dia berteriak....Kenal !!! ane kenal !! ente keluarga Palembang ! Ya Allah...keluarga ente baik banget sama keluarga ane...
Terharu saya mendengarnya...dipeluknya saya, diciumnya kepala saya...sambil berkata, apa kabar matraman ? Ane jawab Alhamdulillah baik semua....kata ane...dia berkata, ane sekarang di demak, kadang suka ke solo ya buka² majelis zikir kecil kecilan, ...Masya Allah kata ane...ane juga tanya...kenapa dulu gak bilang siapa jati dirinya ? Ah....gak perlu...malu ane...
Terakhir saya kasih 50 ribu, dia tolak keras...kata dia , gak ane gak perlu itu....tapi saya paksa, saya bilang....ini bukan sedekah bang ini hadiah ane untuk antum...menangislah dia dan dipeluknya ane kembali...sambil mengingat orangtua kami...akhirnya kami pun berpisah...
Orangtua ane memang sering mengajarkan cintailah siapa saja terutama ahlul bait...apakah itu Zuriah Walisongo ataupun Zuriah Habib habib yang datang belakangan, beliau bahkan punya sahabat akrab saat di Pasar Senen dulu yang menurutnya masih cucu Habib Ali Kwitang, kalau gak salah Muhammad "Dong" (saya lupa nama jelasnya siapa...).
Sampai sekarang tradisi menghormati ahlul bait masih terus kami jaga, kalaupun ada ahlul bait yang tidak baik akhlaknya, maka tegurlah baik baik dan doakan mereka agar kembali ke fitrahnya...lihatlah bagaimana cara Mama Ajengan Abdullah Nachrawi Bogor dan Mbah Maimun Zubair yang memperlakukan ahlul bait sekalipun mereka juga tahu bagaimana sebenarnya akhlak si ahlul bait tersebut (yang mungkin ada yang kurang baik).
Semoga menjadi pelajaran kita semua...